Alur

Profil Wishnutama, Otak di Balik Suksesnya Gala Dinner KTT G20 Bali

Profil Wishnutama, Otak di Balik Suksesnya Gala Dinner KTT G20 Bali
Wishnutama Kusubandio. (foto: Instagram).

Jakarta - Wishnutama Kusubandio menjadi sosok penting dalam gala dinner atau jamuan makan malam tamu negara KTT G20 di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Badung, Bali, pada Selasa, 15 November 2022 kemarin.

Wishnutama didapuk menjadi Ketua Penyelenggara Welcoming Dinner KTT G20 di GWK Bali. Alhasil, polesan mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) itu berhasil membuat gala dinner yang menyuguhkan berbagai atraksi seni dan budaya yang merepresentasikan kekayaan dan keragaman warisan budaya RI tersebut terlihat megah dan mengagumkan.

Wishnutama merupakan sosok yang sudah sejak lama wara-wiri di industri media dan kreatif, sehingga tidak heran apabila event gala dinner untuk tamu negara KTT G20 berjalan lancar, menyuguhkan pertunjukan spektakuler, dan menuai pujian.

Baca juga: Profil Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Nyentrik Jadi Fotografer G20 Bali

Konsep yang Wishnutama gagas ini melibatkan lebih dari 200 penari, yang menampilkan atraksi, salah satunya bertajuk serupa dengan tema G20 Indonesia, "Recover Together, Recover Stronger", yang menggambarkan situasi dunia akibat pandemi Covid-19 dalam empat babak.

Jejak Pendidikan Wishnutama

WishnutamaWishnutama Kusubandio saat SMA di Australia. (foto: Instagram).

Wishnutama Kusubandio sempat mengenyam pendidikan sekolah menengah di SMP Tarakanita 5 Jakarta. Pria yang lahir di Jayapura, Papua pada 4 Mei 1970 ini kemudian melanjutkan pendidikan SMA-nya di Kooralbyn International School di Queensland, Australia dan International School of Singapore.

Setelah menamatkan pendidikan SMA, Wishnutama melanjutkan pendidikannya ke Norwich University - The Military College of Vermont, menggunakan beasiswa. Di Amerika Serikat (AS), pria yang akrab disapa Tama tersebut digembleng pendidikan kepemimpinan ala militer hingga lulus pada 1992. Dia pun mengaku sebagai sosok pecinta militer dan berkeinginan menjadi prajurit. 

Setamat dari Norwich University, Wishnutama lanjut mengikuti pendidikan di dua universitas sekaligus di Kota Boston, AS. Dia tercatat sebagai mahasiswa jurusan komunikasi di Emerson College dan liberal arts di Mount Ida College.

Di Emerson College-lah Wishnutama mulai mengikuti pelatihan TV production. Ini menjadi perbekalan baginya untuk berkecimpung di dunia media dan kreatif yang hingga kini ia tekuni. 

Selain itu, Tama juga tercatat aktif berpartisipasi dalam sejumlah program pendidikan profesional, termasuk GE Management Development Institute, Crotonville, New York dan Harvard Business School, Boston.

WishnutamaWishnutama Kusubandio dan teman-teman saat di Amerika Serikat. (foto: Instagram).

Sepak Terjang Wishnutama

Wishnutama sempat mengakui bahwa dirinya bukan orang yang gemar menonton televisi. Menurutnya, tak sedikit dari program acara TV terbilang tidak menarik. Hal ini yang memantik Tama untuk mengubah wajah pertelevisian nasional menjadi lebih atraktif dan menarik.

Cikal-bakal Tama terjun di dunia brodcasting, ialah saat dirinya dipercaya bekerja pada posisi Production Assistent di New England Cable News AS dan menjadi Assistant Director On Air Promotion di WHDH-TV, Boston. Setelah itu, sekira tahun 1994, Wishnutama memutuskan pulang ke Indonesia.

Setelah menempa pendidikan komunikasi dan seni, serta sempat memiliki portofolio berkecimpung di industri media di Amerika Serikat, Wishnutama lalu nyemplung di industri brodcasting di Tanah Air. Tercatat, Wishnutama pernah bekerja sebagai Supervisor On Air Promotion di Indosiar. Berselang setahun, Tama dipercaya menjadi Production Assisant dalam divisi produksi. 

Kariernya mulai moncer tatkala menjabat sebagai Executive Producer News and Production Division, sampai mencicipi posisi Production Manager. Deretan program acara pun lahir, di antaranya “Satu Jam Bersama”, “Gebyar BCA”, “Pesta”, “Patroli”, “Saksi”, dan sebagainya. 

Setelah cukup lama berkiprah di Indosiar, Wishnutama melompat karier ke televisi nasional, yaitu Trans TV, di mana ia dipercaya menjadi Kepala Divisi Produksi. 

Berselang dua tahun, Wishnutama ditunjuk sebagai Direktur Operasional dan setahun setelahnya, ia dipercaya menjabat sebagai Wakil Direktur Utama atau Managing Director.

Memiliki keuletan dan punya kemampuan segudang, karier Wishnutama pun kian melejit. Saat pengambilan saham mayoritas TV7 (Trans7) oleh kelompok usaha Para Group pada 2006, Tama didapuk sebagai Direktur Utama TV7. Dua tahun kemudian, Wishnutama menduduki pos Direktur Utama Trans TV.

Saat masih bekerja di bawah naungan Trans Corp, Wishnutama tak henti-hentinya merancang program TV yang sempat populer beberapa kali. Bahkan sejumlah program acara ciptaannya bertahan sampai sekarang dan menjadi inspirasi lahirnya program lain, seperti  “Dunia Lain”, “On The Spot”, “Opera van Java”, “Extravaganza”, “Termehek-Mehek”, dan “Indonesia Mencari Bakat.”

WishnutamaWishnutama Kusubandio pendiri NET TV. (foto: Instagram).

Setelah itu, Wishnutama yang memiliki pengalaman dan pencapaian positif di Trans, mencoba peruntungan dengan mendirikan rumah produksinya sendiri. Dari situlah, Tama berkesempatan membangun stasiun televisi News and Entertainment Television (NET TV) yang mengudara pada 2013.

Menduduki Posisi Menparekraf RI

Wishnutama sempat ditunjuk menjadi Creative Director dalam Opening and Closing Ceremony Asian Games 2018. Terbukti, kolosal dan kemegahan, serta keberhasilan acara arahannya tersebut menjadikan sosoknya kian dibicarakan publik.

Kepiawaiannya dalam memimpin industri media dan kreatif, sampai juga ke telinga Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pada Oktober 2019, Wishnutama pun dipilih menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Kabinet Indonesia Maju (2019-2024). 

Wishnutama dan JokowiWishnutama Kusubandio dan Presiden Joko Widodo (Jokowi). (foto: Instagram).

Kendati begitu, kariernya sebagai pembantu presiden tidak berlangsung lama. Pada 23 Desember 2020, posisinya sebagai Menparekraf digantikan oleh Sandiaga Uno

Kini, Wishnutama tercatat masih menjabat sebagai Komisaris PT Tokopedia (2019, 2021-sekarang) dan Komisaris Utama PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) (2021-sekarang).

Kehidupan Pribadi Wishnutama

Wishnutama pernah menikah dengan Wina Widodo dan Wina Natalia. Namun, mahligai rumah tangga dengan dua perempuan itu berujung dengan perceraian. Kedua pernikahan Wishnu dengan dua wanita tersebut sempat dikarunia anak. 

Wishnutama dan GistaWishnutama Kusubandio dan Gista Putri. (foto: Instagram).

Saat ini, Tama sudah menikah lagi dengan aktris Gista Putri. Pernikahannya pada tahun 2015 itu telah dikaruniai seorang anak perempuan bernama Salima Putri Tama. 

Mengutip Telkomsel, Wishnutama pernah menduduki banyak posisi strategis, terutama di industri media dan kreatif, seperti Direktur Utama Trans7, Direktur Utama Trans TV, Direktur Utama Detik.com, Komisaris Kumparan, Direktur Utama NET TV, dan Komisaris Tokopedia

Melengkapi kariernya dalam industri media dan kreatif, Wishnutama penah menjadi produser dalam tiga film Tanah Air, yaitu "Andai Ia Tahu (2002)", film drama musikal "Biarkan Bintang Menari (2003)", dan "Dunia Lain: The Movie (2006)".

Penghargaan Wishnutama 

Pengalaman dan kontribusinya yang menuntunnya menyabet sejumlah penghargaan, mulai dari Panasonic Award sampai Asian Television Award. 

Selain itu, Wishnutama pernah meraih sejumlah penghargaan, antara lain: 

- Indonesia's Influential Person in Creative Industry Awards dalam ajang IdeaFest (2017). 

- Best Digital Talent - Digital Business Leader dari Bubu Award Indosar Ooredoo IDByte (2017). 

- Best Chief Strategy Execution Officer Across All Industries dalam ajang Strategy-Into-Performance Execution Excellence (SPEx2) Awards 2016. 

- The 500 Most Influential CEOs in The World versi Richtopia UK 2015. 

- Marketeer of the Year, Indonesia Marketing Champion 2015 untuk kategori Broadcast, TV, Media. 

- Best CEO versi SWA Magazine pada tahun 2010. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Tigor - 28 November 2022 | 22:41 WIB
Ghana mampu membendung serangan Republik Korea untuk tidak jebol di menit akhir babak kedua.
News
Eno Dimedjo - 28 November 2022 | 21:32 WIB
Platform Melon Indonesia resmi mengumumkan rebranding menjadi Nuon Digital Indonesia.
News
Tigor - 28 November 2022 | 20:49 WIB
Bobby mengatakan, kebijakan ini mulai berlaku sejak 1 Desember 2022.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 20:42 WIB
Anggota Komisi I DPR Dave Akbarshah Fikarno Laksono mengatakan Komisi I DPR menggelar fit and proper test KSAL Yudo Margono calon Panglima TNI.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 20:32 WIB
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan para menteri pembantu Jokowi akan keroyokan menindaklanjuti hasil kesepakatan KTT G30 di Bali.
News
Tigor - 28 November 2022 | 20:24 WIB
Serbia dan Kamerun terlibat duel seru.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 20:03 WIB
usat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau warga mewaspadai dampak aktivitas vulkanik Gunung Semeru erupsi dua kali.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 19:33 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk membentuk gugus tugas (task force) khusus guna menindaklanjuti KTT G20 di Bali.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 19:17 WIB
Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej mengatakan RKUHP akan hapus pasal karet UU ITE.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 19:09 WIB
Bupati Cianjur Herman Suherman menginformasikan, hingga Senin ini tercatat ada 323 orang meninggal dunia pascagempa bumi 5.3 M di Cianjur, Jabar.
Loading ...