News

Promosi Album, Grup Band VOX Siapkan Penampilan Khusus

Promosi Album, Grup Band VOX Siapkan Penampilan Khusus
Grup band VOX. (foto: Kureta/demajors)

Jakarta - Grup band VOX baru saja merilis ulang album debut mereka bertajuk Pada Awalnya ke format digital, setelah sebelumnya diluncurkan dalam format rilisan fisik pada 2007 silam. Langkah ini, merupakan gerbang pembuka bagi album kedua kelompok musik asal Surabaya tersebut.

Grup VOX sendiri beranggotakan Vega Antares (gitar, vokal), Joseph Sudiro (bass, vokal), Donnie Setiohandono (kibor, vokal), dan Gabriel Mayo (drums, vokal) terbentuk di kota Surabaya pada tahun 2006.

Pada tahun 2007, mereka dikontrak oleh label independen asal ibukota, Aksara Records, hingga merilis album debut Pada Awalnya yang saat itu dirilis dalam format compact disc dan kaset audio.

Dalam wawancara eksklusif bersama Kureta, Vega Antares menyebutkan bahwa sejatinya album perdana milik VOX juga sempat dirilis dalam format digital, yakni iTunes.

Peluncuran ulang album Pada Awalnya ke format digital yang lebih luas, dilakukan semata sebagai jembatan menuju perilisan album kedua.

"Jadi sebenarnya itu terkait sama album kedua. Album Pada Awalnya kan dirilis pada 2007. Sepanjang rilisnya album itu hanya di iTunes dan dulu jamannya orang-orang masih posesif memiliki mp3 nya melalui iTunes kan," tutur Vega Antares kepada Kureta, pada Kamis, 18 November 2021.

"Digital cuma ada di iTunes, hanya ada di Apple Music gitu, belum tersebar kemana-mana. Selain itu, rilisan fisiknya juga dulu sedikit. Kayaknya perjenis (CD dan Kaset) hanya dirilis 1000 pieces," ucap dia.

Grup band VOXGrup band VOX. (foto: Kureta/demajors)

Sempat menghilang selama 14 tahun dari kancah permusikan nasional, Vega membantah bahwa grup band VOX sempat vakum atau bubar. Menurutnya, hiatus yang dialami oleh VOX berjalan secara alami karena kesibukan masing-masing personelnya.

Berjarak dua tahun setelah perilisan album Pada Awalnya, grup band VOX merekam materi lagu untuk album kedua yang kelak diberi tajuk Selatan, meski belum sempat masuk proses mixing dan mastering.

Belakangan, Vega menginisiasi penyelesaian karya kedua berisi lebih dari 11 lagu yang belum sempat dirilis ke pasaran itu. Dari sana, tercetus ide untuk melepas ulang album Pada Awalnya ke format digital, guna menyapa kembali para penggemar VOX yang sebelumnya pernah terbentuk.

"Di bulan-bulan kemarin, saya meniatkan diri untuk menyelesaikan album yang kedua. Tapi kalau tiba-tiba merilis album kedua kok kayaknya orang perlu diingatkan lagi," kata Vega.

"Dan mumpung belum ada di semua platform, maka saya mengusulkan demajors untuk menaikkan album pertama dulu sebagai perkenalan kembali," tuturnya.

Gitaris VOX yang juga sempat berkiprah di departemen produksi Republik Cinta dan produser bagi artis-artis seperti Ari Lasso dan Bilal Indrajaya itu mengatakan, "Selatan" diambil menjadi nama judul album kedua lantaran kata tersebut mewakili banyak hal yang ada di album kedua ini.

Grup band VOXArtwork album Pada Awalnya milik grup band VOX. (Foto: Kureta/demajors)

Rencananya, album kedua VOX bakal dirilis ke pasaran dalam format digital pada kwartal pertama tahun 2022, menyusul kemudian perilisan dalam format fisik jika kelak banyak diminta penggemar.

Namun sebelum itu terjadi, grup band VOX bakal meluncurkan video penampilan khusus mereka membawakan materi-materi di album pertama yang direkam secara live dari empat tempat berbeda, yakni Jakarta dan Surabaya.

"Performance khusus recorded di YouTube demajors. Mungkin akan tetap akan dengan konsep Pandemi Style gitu," kata dia.

"Aku akan buat show, tapi 4 ruang gitu. Jadi di-mix kameranya masing-masing. Live, tapi live recorded," ujar Vega Antares. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Andi Nasution - 17 January 2022 | 20:04 WIB
Pemko Medan saat ini memiliki 20 ribuan dosis vaksin lanjutan (booster) yang akan diprioritaskan kepada lansia yang sudah dua kali disuntik vaksin.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 18:50 WIB
Kapolrestabes Medan Kombes Polisi Riko Sunarko beserta pejabat Polrestabes Medan lainnya terancam mendapat sanksi tegas jika terima suap narkoba.
News
Yohanes Charles - 17 January 2022 | 18:38 WIB
Jokowi menyempatkan diri untuk berbincang-bincang bersama para pedagang pasar yang mendapatkan bantuan.
News
Rio Anthony - 17 January 2022 | 18:34 WIB
Dua perampok rumah warga berinisial ZN dan IJF di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) ditangkap polisi.
News
Yohanes Charles - 17 January 2022 | 18:25 WIB
Terkait dengan pemberangkatan jamaah haji dari Kabupaten Cirebon, Imron mengaku masih menunggu keputusan dari pusat.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 18:24 WIB
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan berkemungkinan menerapkan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU) ke Wali Kota Bekasi Pepen.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 18:17 WIB
Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla mengatakan 11 konflik besar yang terjadi di Indonesia dan menelan ribuan nyawa karena ketidakadilan.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 17:56 WIB
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menanggapi pelaporan yang dilakukan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun terhadapnya ke KPK.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 17:43 WIB
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memutuskan untuk meniadakan daftar 14 negara yang dilarang masuk ke Indonesia ditengah Omicron merajalela
News
Fernandho Pasaribu - 17 January 2022 | 17:41 WIB
BNN RI berhasil mengungkap kasus kejahatan narkotika dengan barang bukti sabu jaringan Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan Riau.
Loading ...