Alur

Rekam Jejak Panglima TNI Andika Perkasa Pernah Cabut Tes Keperawanan dan Bantu Aprilia Manganang

Rekam Jejak Panglima TNI Andika Perkasa Pernah Cabut Tes Keperawanan dan Bantu Aprilia Manganang
Calon Panglima TNI Andika Perkasa. (foto: RMOL).

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI pada Rabu, 17 November 2021. Sebelum naik jabatan, Andika sempat menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Semasa menjabat sebagai KSAD, Andika mencatatkan sejumlah rekam jejak yang diingat publik, seperti membantu operasi Aprilia Manganang, menghapus tes keperawanan bagi calon anggota TNI, hingga mengirim satu kompi prajurit latihan tempur di Amerika Serikat.

Jenderal Andika menjelaskan ihwal menghapus tes keperawanan di TNI dilakukannya agar masyarakat memiliki kans sama menjadi Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad).

Baca juga: Profil Andika Perkasa, Calon Panglima TNI Pilihan Presiden Jokowi

"Soal himen atau selaput dara tadinya merupakan satu penilaian. Himennya utuh, himen ruptured sebagian, atau ruptured sampai habis. Sekarang tidak ada lagi penilaian itu," ujarnya pada 11 Agustus 2021.

Ditegaskan Andika, tidak ada lagi pemeriksaan inspeksi vagina dan serviks. Namun, untuk pemeriksaan genitalia luar, abdomen masih tetap ada.

Sepak terjang berikutnya, untuk pertama kali dalam sejarah RI, Andika mengirim satu kompi pasukan atau sebanyak 155 prajurit TNI AD untuk menggelar Latihan Bersama (Latma) Rotation Joint Readiness Training Center (JRTC) Rotation di Fort Polk, Louisiana, Amerika Serikat.?

Latma JRTC Rotation 21-01 merupakan Latihan Bersama antara tentara Amerika Serikat dengan Indonesia.

Dia pun berekspektasi, nantinya para prajurit dapat memetik pengalaman bersosialisasi dan berkomunikasi di Negeri Paman Sam, untuk selanjutnya bisa menularkan ilmunya selepas kembali dari latihan tersebut kepada rekan-rekannya di Indonesia. ?

“Saya ingin rekan-rekan sekalian kembali ke sini sudah menjadi prajurit TNI Angkatan Darat yang punya wawasan lebih luas,” ucapnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Lantik Dudung Abdurachman Jadi KSAD Gantikan Andika Perkasa

Menantu Eks Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) A.M Handropriyono itu juga pernah membantu Aprilia Santini Manganang menjadi pria tulen.

Andika mengantarkan Aprilia menjalani operasi kelainan hipospadia atau letak lubang kemih yang tidak normal ke RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Seusai menjalani operasi, Aprilia berganti nama menjadi Aprilio Perkasa Manganang. Ia tidak bisa menahan air matanya ketika Pengadilan Negeri Tondano, Sulawesi Utara mengabulkan permohonan penggantian nama, jenis kelamin, serta data kependudukan yang diajukannya.

Dalam persidangan yang berlangsung virtual, Jumat 19 Maret 2021, Hakim Tunggal Nova Loura Sasube mengabulkan semua permohonan yang diajukan Aprilio.

Sementara Jenderal Andika mengatakan, Serda Aprilio akan ditempatkan di satuan Perbekalan dan Angkutan Angkatan Darat. Sebab, ia melihat Serda Aprilio berbakat dalam dunia memasak.

"Kebetulan, Lanang ini sejak kecil oleh mamanya dididik untuk masak. Sehingga, masaknya ini jago dan itu natural. Kalau prajurit Angkatan Darat Pria di perbekalan misalnya memasak lodeh dia pakai teori oh gulanya mungkin satu sendok takarannya, Kalau dia ini sudah natural," tuturnya.

Kini, nyaris tepat tiga tahun setelah dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Andika Perkasa telah resmi menjadi Panglima TNI pilihan Presiden Jokowi. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 21:46 WIB
Mantan Kepala Sekolah SMPN 1 Reo dijebloskan ke penjara karena korupsi dana BOS.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 17:29 WIB
Chief Operating Officer (COO) Pahami Cipta Edukasi (Pahamify) Mohammad Ikhsan menyatakan era pendidikan yang dinamis saat pandemi.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 16:04 WIB
Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju kembali memanas seiring mendekati Rabu Pon 8 Desember mendatang ini calon Jaksa Agung pengganti ST Burhanuddin
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 15:50 WIB
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menjelaskan perihal harta kekayaannya melejit Rp 4 miliar, saat jadi pimpinan KPK.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 15:18 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi sentil Kapolda dan Kapolres sowan ke sesepuh ormas yang buat keributan. Berikut berita secepatnya.
Opini
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 15:07 WIB
Memiliki tubuh yang ideal, sehat, dan kuat adalah dambaan setiap orang.
News
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 12:47 WIB
Pemda Manggarai gandeng Kejari Cabang Reo sosialisasi penggunaan dana BOS
News
Fetra Tumanggor - 3 December 2021 | 12:35 WIB
Obat Sotrovimab disebut ampuh melawan virus corona, termasuk varian Omicron. Lalu apa itu sotrovimab?
Loading ...