News

Rektor: Kita Berharap GAMKI Jadi Mitra Strategis Pusat Kajian Moderasi Beragama UINSU

Rektor: Kita Berharap GAMKI Jadi Mitra Strategis Pusat Kajian Moderasi Beragama UINSU
DPD GAMKI Sumatra Utara beraudiensi dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatra Utara.(Foto: Istimewa)

Jakarta - DPD Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Sumatra Utara (Sumut) ingin menjalin kerja sama kemitraan dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut lewat "Kajian Moderasi Beragama Sumatra Utara".

Lakukan kerja-kerja untuk penegakan kerukunan dan harmoni kehidupan beragama di Sumatra Utara

GAMKI juga bakal mengundang rektor dan civitas akademika UIN Sumut dalam acara-acara yang bertema kerukunan dan moderasi beragama yang dilaksanakan organisasi pemuda Kristen tersebut.

"Kami juga siap menjadi mitra mahasiswa KKN UIN Sumut di berbagai lokasi KKN mahasiswa," kata Ketua DPD GAMKI Sumut Darwin Sitompul diwakili Sekretaris Swangro Lumbanbatu, didampingi Hamonangan Sinaga saat melakukan audiensi dengan Rektor UIN Sumut, Prof. Dr. H. Syahrin Harahap, di Kampus UIN Sumut, Jalan Sutomo Medan, Jumat, 22 April 2022.

Merespons itu, Rektor UIN Sumut, Prof. Syahrin menyambut baik program kemitraan dari GAMKI Sumut. Dia juga memberikan penghargaan yang tinggi atas kunjungan tersebut.

Apalagi, lanjutnya, dalam waktu dekat umat Islam akan merayakan Idul Fitri 1443 H yang tentunya perlu dikawal bersama seluruh masyarakat dengan mengedepankan toleransi yakni saling hormat-menghormati dan menjaga kondusifitas.

"Kita berharap GAMKI dapat menjadi salah satu mitra strategis bagi Pusat Kajian Moderasi Beragama UINSU dalam melakukan kerja-kerja untuk penegakan kerukunan dan harmoni kehidupan beragama di Sumatra Utara," ujar Syahrin didampingi Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UIN Sumut, Dr. Maraimbang Daulay, dan Dr. Solahuddin Harahap.

Dia menegaskan, UINSU memberikan perhatian yang tinggi kepada persoalan toleransi dan moderasi beragama. Lanjutnya, mengungkapkan, membangun moderasi beragama telah menjadi bagian dari visi UINSU.

Untuk mengawal pelaksanaan visi moderasi beragama tersebut, lanjut Syahrin, UINSU telah membentuk Pusat Kajian Moderasi Beragama yang diharapkan dapat concern dalam melakukan riset, sosialisasi, membangun kemitraan sebagai upaya membangun moderasi beragama di Sumut.

Apalagi, sambungnya, moderasi beragama ini merupakan salah satu program yang mendapatkan atensi secara serius dari Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut.[]

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 20:12 WIB
Deklarator Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR), Sahat Martin Philip Sinurat menegaskan bahwa sesungguhnya koalisi Jokowi adalah rakyat Indonesia.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:45 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, Muhammad Qodari menyinggung usulan elite politik terkait wacana penundaan Pemilu 2024.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:02 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, M Qodari menegaskan bahwa gerakan mendukung Presiden Joko Widodo menjabat tiga periode tak mati.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 13:07 WIB
Kontingen cabang olahraga pencak silat Kabupaten Abdya Provinsi Aceh berhasil meraih satu mendali Perak dan dua perunggu.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:58 WIB
Kades Mataie, Kecamatan Blangpidie Kabupaten Abdya Provinsi Aceh, Junaidi Idrus mengajak seluruh warganya untuk terus menerapkan pola hidup sehat.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:23 WIB
Kebakaran yang terjadi di ruangan Kabag Ops Polresta Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), diduga akibat arus pendek listrik.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:08 WIB
Ruangan Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Kepolisian Resort Kota (Polresta) Mamuju, Sulawesi Barat, terbakar.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:56 WIB
Yaqut Cholil Qoumas mengaku bakal memanggil GP Ansor Pengurus Wilayah (PW) DKI Jakarta.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:41 WIB
Nayeon Twice resmi meluncurkan mini album debut solonya yang bertajuk Im Nayeon, pada Jumat, 24 Juni 2022.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 10:45 WIB
DKI Jakarta menyediakan 100 unit bus gratis untuk mengantarkan masyarakat menuju lokasi perayaan malam puncak Jakarta Hajatan ke-495.
Loading ...