Opini

Relawan Jangan Jerumuskan Presiden Jokowi Melanggar Konstitusi

Relawan Jangan Jerumuskan Presiden Jokowi Melanggar Konstitusi
Presiden Jokowi saat meninjau Bendungan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Selasa (31/8/2021). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)

Oleh: Imanta Ginting, Sekretaris Jenderal Jokowi Centre

Sebagai warga negara tentu kita bersyukur memiliki Bapak Presiden Jokowi sebagai Pemimpin bangsa ini, baik sebagai Kepala Negara maupun Kepala Pemerintah. 

Sebagaimana perjalanan bangsa ini dalam kepemimpinan beliau, bangsa kita terus berbenah dan melaju dalam jalan menuju negara maju dan kuat walau sekalipun dalam situasi Pandemi COVID-19 sepertinya saat ini.

Imanta: Kita juga perlu berkaca pada negara Guinea yang Presiden-nya baru-baru ini dikudeta akibat mengamendemen masa jabatan.

Banyak wacana meminta Presiden Jokowi untuk 3 periode dengan berbagai alasan dan motivasi, namun perlu kita cermati bersama bahwa sebagai negara hukum kita harus taat kepada konstitusi dan memastikan konstitusi dilaksanakan secara benar dan sungguh-sungguh. 

Perihal masa jabatan Presiden tentu sudah jelas diatur dalam Pasal 7 Undangan-undang Dasar kita, jadi mari kita berpegang teguh dan berpijak pada UUD tersebut.

Di samping itu, kita juga perlu berkaca pada negara Guinea yang Presiden-nya baru-baru ini dikudeta akibat mengamendemen masa jabatan. Kita tidak berpikiran negatif tapi politik itu dinamis dan bisa reaktif dengan berbagai kemungkinan yang tidak terprediksi. 

Seharusnya, kita fokus mendukung dan mensukseskan kepemimpinan Presiden Jokowi untuk periode ke-2 ini, sebagai suatu bangsa yang besar maka wajib hukumnya untuk taat pada konstitusi sebagai landasan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga pembangunan bisa berjalan dengan baik dan benar.

Situasi Pandemi begini jangan kita jadikan alasan untuk melanggar, tapi justru menjadi momen yang tepat bagi calon pemimpin bangsa ini untuk mengasah diri dan mengenali karakter dan kebutuhan bangsa kita sesungguhnya dalam menapak jalan menuju Indonesia sebagai negara maju.

Rabu, 8 September 2021.[]

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 21:46 WIB
Mantan Kepala Sekolah SMPN 1 Reo dijebloskan ke penjara karena korupsi dana BOS.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 17:29 WIB
Chief Operating Officer (COO) Pahami Cipta Edukasi (Pahamify) Mohammad Ikhsan menyatakan era pendidikan yang dinamis saat pandemi.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 16:04 WIB
Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju kembali memanas seiring mendekati Rabu Pon 8 Desember mendatang ini calon Jaksa Agung pengganti ST Burhanuddin
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 15:50 WIB
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menjelaskan perihal harta kekayaannya melejit Rp 4 miliar, saat jadi pimpinan KPK.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 15:18 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi sentil Kapolda dan Kapolres sowan ke sesepuh ormas yang buat keributan. Berikut berita secepatnya.
Opini
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 15:07 WIB
Memiliki tubuh yang ideal, sehat, dan kuat adalah dambaan setiap orang.
News
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 12:47 WIB
Pemda Manggarai gandeng Kejari Cabang Reo sosialisasi penggunaan dana BOS
News
Fetra Tumanggor - 3 December 2021 | 12:35 WIB
Obat Sotrovimab disebut ampuh melawan virus corona, termasuk varian Omicron. Lalu apa itu sotrovimab?
Loading ...