Netizen

Saat Ngobrol, Togu Simorangkir Ingatkan Jokowi untuk Menutup PT TPL

Saat Ngobrol, Togu Simorangkir Ingatkan Jokowi untuk Menutup PT TPL
Presiden Jokowi saat penanaman pohon di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Kamis, 3 Februari 2022. (Foto: Edward)

Humbang Hasundutan - Presiden Jokowi melakukan penanaman pohon di tepian Danau Toba, persisnya di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Kamis, 3 Februari 2022.

Ikut dalam kegiatan itu masyarakat adat dan juga sejumlah perwakilan aktivis lingkungan di Kawasan Danau Toba, di antaranya Togu Simorangkir. 

Pasca kegiatan tanam pohon tersebut, Togu Simorangkir membuat status di akun Facebook, mengapresiasi kegiatan yang dia sebut tidak hanya bersifat seremonial belaka.

Presiden kata dia, sudah meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk membuat tim dan membuat kontrak kerja selama tiga tahun dengan kelompok tani hutan merawat pohon yang ditanami.

"Puji Tuhan, acara tanam pohon di Baktiraja tidak sekadar seremonial. Setelah kita gurdak dan laporkan bahwa dua kali Bapak Presiden Jokowi tanam pohon di Danau Toba, pohonnya tak jelas setelahnya, untuk kali ketiga ini, KLHK membentuk tim dan membuat kontrak kerja selama 3 tahun dengan Kelompok Tani Hutan untuk merawat pohon yang ditanam hari ini," tulis Togu di akun Facebook.

Baca juga: Fotografer Presiden Jokowi

Menurut Togu Simorangkir, ini adalah hal baru di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Selain itu, saat berduaan dengan Jokowi, Togu mengaku telah meminta agar PT Toba Pulp Lestari ditutup.

"Tadi seusai menanam pohon, Bapak Jokowi menghampiriku di layer kedua. Kami sempat berbincang berdua. Aku mengingatkan beliau untuk menutup perusahaan perusak lingkungan di Danau Toba. Toba Pulp Lestari (TPL) harus ditutup. Bapak Presiden tadi mengatakan bahwa dia meminta Setneg dan KLHK untuk aku bisa terlibat di acara hari ini dan juga untuk perawatan ke depannya," sambungnya. 

Kesempatan tadi, aktivis Yayasan Alusi Tao Toba ini juga menyerahkan surat untuk kembali mengingatkan untuk Tutup TPL dan juga surat dari PDPK Parongil Dairi tentang penolakan perusahaan tambang PT Dairi Prima Mineral di Kabupaten Dairi. 

"Hari ini sudah maksimal. Selanjutnya, tahap berikutnya Festival Tutup TPL," tandasnya. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Tigor - 25 May 2022 | 22:44 WIB
Saur Tumiur Situmorang mengatakan, tambang sering sekali menimbulkan hal-hal baru terkhusus pada perempuan.
News
Rio Anthony - 25 May 2022 | 21:47 WIB
Pria lanjut usia (lansia), Juned Nasution (60) yang hanyut disela minum tuak di pinggir Sungai Denai, Kota Medan, ditemukan tewas
News
Rio Anthony - 25 May 2022 | 21:43 WIB
Cuaca buruk diprediksi berpotensi terjadi disejumlah wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) besok, Kamis, 26 Mei 2022.
News
Rio Anthony - 25 May 2022 | 21:41 WIB
Seorang ayah di Sulbar kehilangan uang puluhan juta akibat ditipu penelpon gelap
News
Rio Anthony - 25 May 2022 | 21:35 WIB
DPD Gerindra Sulbar sudah mulai panaskan mesin politik Pilgub 2024.
News
Rio Anthony - 25 May 2022 | 21:31 WIB
Dugaan penghinaan Bendera Merah Putih di Majene, praktisi hukum menilai terkesan dibiarkan polisi.
News
Eno Dimedjo - 25 May 2022 | 21:14 WIB
Strategi komunikasi yang dirancang oleh Carl Byoir Indonesia sukses mengantarkan Samsung meraih penghargaan The Best PR Campaign Award.
News
Eno Dimedjo - 25 May 2022 | 20:39 WIB
Gita Bhebhita memiliki latar kepribadian yang tak jauh berbeda dengan karakter Sarma di film Ngeri Ngeri Sedap.
News
Eno Dimedjo - 25 May 2022 | 20:11 WIB
Selain hampir 100 persen syuting di wilayah Danau Toba, film Ngeri Ngeri Sedap juga mengoptimalkan lebih dari 100 orang bintang dan kru lokal.
News
Fernandho Pasaribu - 25 May 2022 | 19:10 WIB
Anggota DPR menilai pemerintah perlu memberikan kompensasi kepada peternak sebagai salah satu upaya dalam rangka menanggulangi serangan wabah PMK.
Loading ...