Netizen

Saat Ngobrol, Togu Simorangkir Ingatkan Jokowi untuk Menutup PT TPL

Saat Ngobrol, Togu Simorangkir Ingatkan Jokowi untuk Menutup PT TPL
Presiden Jokowi saat penanaman pohon di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Kamis, 3 Februari 2022. (Foto: Edward)

Humbang Hasundutan - Presiden Jokowi melakukan penanaman pohon di tepian Danau Toba, persisnya di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Kamis, 3 Februari 2022.

Ikut dalam kegiatan itu masyarakat adat dan juga sejumlah perwakilan aktivis lingkungan di Kawasan Danau Toba, di antaranya Togu Simorangkir. 

Pasca kegiatan tanam pohon tersebut, Togu Simorangkir membuat status di akun Facebook, mengapresiasi kegiatan yang dia sebut tidak hanya bersifat seremonial belaka.

Presiden kata dia, sudah meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk membuat tim dan membuat kontrak kerja selama tiga tahun dengan kelompok tani hutan merawat pohon yang ditanami.

"Puji Tuhan, acara tanam pohon di Baktiraja tidak sekadar seremonial. Setelah kita gurdak dan laporkan bahwa dua kali Bapak Presiden Jokowi tanam pohon di Danau Toba, pohonnya tak jelas setelahnya, untuk kali ketiga ini, KLHK membentuk tim dan membuat kontrak kerja selama 3 tahun dengan Kelompok Tani Hutan untuk merawat pohon yang ditanam hari ini," tulis Togu di akun Facebook.

Baca juga: Fotografer Presiden Jokowi

Menurut Togu Simorangkir, ini adalah hal baru di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Selain itu, saat berduaan dengan Jokowi, Togu mengaku telah meminta agar PT Toba Pulp Lestari ditutup.

"Tadi seusai menanam pohon, Bapak Jokowi menghampiriku di layer kedua. Kami sempat berbincang berdua. Aku mengingatkan beliau untuk menutup perusahaan perusak lingkungan di Danau Toba. Toba Pulp Lestari (TPL) harus ditutup. Bapak Presiden tadi mengatakan bahwa dia meminta Setneg dan KLHK untuk aku bisa terlibat di acara hari ini dan juga untuk perawatan ke depannya," sambungnya. 

Kesempatan tadi, aktivis Yayasan Alusi Tao Toba ini juga menyerahkan surat untuk kembali mengingatkan untuk Tutup TPL dan juga surat dari PDPK Parongil Dairi tentang penolakan perusahaan tambang PT Dairi Prima Mineral di Kabupaten Dairi. 

"Hari ini sudah maksimal. Selanjutnya, tahap berikutnya Festival Tutup TPL," tandasnya. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 27 September 2022 | 17:05 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD mengaku bakal mencari formula untuk mereformasi bidang hukum peradilan.
News
Eno Dimedjo - 27 September 2022 | 16:01 WIB
Kotak resmi mengumumkan rencananya untuk menggelar tur konser bertajuk HANTAM 18th KOTAK di 8 kota di Indonesia.
News
Eno Dimedjo - 27 September 2022 | 15:19 WIB
Devano resmi merilis single terbaru yang diberi tajuk Hari Paling Bahagia, tepat di hari ulang tahunnya yang ke-20.
News
Eno Dimedjo - 27 September 2022 | 14:37 WIB
Aqeela Calista kembali berkarya di dunia tarik suara dengan merilis single cover versinya untuk lagu Kau Curi Lagi milik grup band J-Rocks.
News
Eno Dimedjo - 27 September 2022 | 13:43 WIB
Festival musik Pestapora 2022 sukses digelar di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta sepanjang akhir pekan lalu.
News
Fernandho Pasaribu - 27 September 2022 | 12:30 WIB
Pemerintah mengeluarkan Instruksi Presiden No. 7 tahun 2022 tentang penggunaan kendaraan bermotor listrik.
News
Fernandho Pasaribu - 27 September 2022 | 10:52 WIB
Anggota MPR RI Netty Aher menilai terjadinya beberapa kasus hukum yang menyedot perhatian belakangan ini karena kurangnya pengamalan Pancasila.
News
Eno Dimedjo - 27 September 2022 | 0:00 WIB
Opini Firman Jaya Daeli mengenai Pembangunan Kelembagaan Politik dan Penguatan Kualitas Otonomi Daerah.
Loading ...