News

Saksikan Tenggarong International Folk and Art Festival 20-24 Juli 2022

Saksikan Tenggarong International Folk and Art Festival 20-24 Juli 2022
Aksi di Tenggarong International Folk and Art Festival 2019 lalu. (Foto: Kemenparekraf)

Jakarta - Tenggarong International Folk and Art Festival (TIFAF) hasil kolaborasi Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Menyajikan kesenian rakyat dari berbagai daerah di Indonesia hingga tradisi dari beberapa negara lain. Digelar pada 20-24 Juli 2022. 

TIFAF 2022 menggabungkan festival tradisi dan pertunjukan kontemporer. Mulai dari pertunjukan seni tari, seni musik, tradisi unik, pawai kostum, hingga olahraga tradisional.

Selain itu, akan ada Expo UMKM yang juga menjadi bagian dari TIFAF 2022.

Dihadirkan juga kesenian rakyat dari 11 provinsi di Indonesia dan 6 negara. Rinciannya, 18 kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara, 10 Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur dan 11 provinsi di Indonesia yang siap unjuk kebolehan. 

Enam negara anggota International Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Arts(CIOFF) juga siap lewat penampilan mereka yang akan ditayangkan lewat video tapping. 

Event ini dilangsungkan di empat lokasi berbeda. Mengusung tema Festival Seni Nusantara untuk Dunia, TIFAF 2022 siap mengajak pengunjung jalan-jalan di Kutai Kartanegara. 

Pemilihan lokasi yang berbeda juga bertujuan untuk mempromosikan spot-spot menarik di Kutai Kartanegara sehingga gelaran ini bisa meningkatkan perekonomian melalui sektor pariwisata

Acara pembukaan akan dilangsungkan di Taman Kota Raja dengan latar lampu warna-warni di Jembatan Kartanegara serta area Big Tree.

Pengunjung bisa melihat berbagai pertunjukan dan pameran di Amphitheater Jembatan Kutai Kartanegara, Lapangan Basket Timbau, dan Lapangan Parkir Stadion Rondong Demang.

Event ini terakhir kali digelar pada 21-29 September 2019. Ratusan ribu penonton terpikat dengan pertunjukan kesenian rakyat dari 7 negara di TIFAF 2019.

MahakamSungai Mahakam. (Foto: Kemenparekraf)

Saat itu di awal acara, penonton disuguhkan pawai kostum khas berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara (Belanda, Thailand, Rusia, Sri Lanka, Rumania, dan Mesir). 

Selain itu, ratusan ribu penonton yang datang juga menyaksikan Pentas Kesenian Rakyat Internasional, Pertunjukan Seni di Jalanan, dan Festival Kesenian Daerah Kutai.

TIFAF 2019 juga dilangsungkan di beberapa titik. Panggung utama berdiri megah di tepian Sungai Mahakam, sementara itu pameran maupun hiburan lainnya disajikan di Pulau Kumala dan halaman Kantor Bupati.  

Nah, untuk lokasi penyelenggaraan TIFAF 2022 dekat dengan berbagai destinasi wisata di Kutai Kartanegara

Setelah nonton pesta kesenian dan budaya, ayo jalan-jalan ke spot wisata Kabupaten Kutai Kartanegara. 

Pengunjung beristirahat di rumah bergaya tradisional di Ladang Budaya atau Ladaya. Kawasan ini sebenarnya merupakan tempat outbound, tetapi dilengkapi dengan bangunan kecil bergaya rumah tradisional Kutai. Bangunan itu bisa disewa sebagai tempat istirahat sambil menikmati suasana asri. 

Kemudian, mengunjungi istana bersejarah yang sekarang menjadi Museum Mulawarman. Lokasinya berjarak sekitar 4,6 km dari Taman Kota Raja.

Museum ini menyimpan segudang koleksi bersejarah dari Kerajaan Kutai Kartanegara. Ada singgasana, pakaian kebesaran, keris, perhiasan, tenun, keramik, dan lainnya.[]

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Tigor - 28 November 2022 | 22:41 WIB
Ghana mampu membendung serangan Republik Korea untuk tidak jebol di menit akhir babak kedua.
News
Eno Dimedjo - 28 November 2022 | 21:32 WIB
Platform Melon Indonesia resmi mengumumkan rebranding menjadi Nuon Digital Indonesia.
News
Tigor - 28 November 2022 | 20:49 WIB
Bobby mengatakan, kebijakan ini mulai berlaku sejak 1 Desember 2022.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 20:42 WIB
Anggota Komisi I DPR Dave Akbarshah Fikarno Laksono mengatakan Komisi I DPR menggelar fit and proper test KSAL Yudo Margono calon Panglima TNI.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 20:32 WIB
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan para menteri pembantu Jokowi akan keroyokan menindaklanjuti hasil kesepakatan KTT G30 di Bali.
News
Tigor - 28 November 2022 | 20:24 WIB
Serbia dan Kamerun terlibat duel seru.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 20:03 WIB
usat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau warga mewaspadai dampak aktivitas vulkanik Gunung Semeru erupsi dua kali.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 19:33 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk membentuk gugus tugas (task force) khusus guna menindaklanjuti KTT G20 di Bali.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 19:17 WIB
Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej mengatakan RKUHP akan hapus pasal karet UU ITE.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 19:09 WIB
Bupati Cianjur Herman Suherman menginformasikan, hingga Senin ini tercatat ada 323 orang meninggal dunia pascagempa bumi 5.3 M di Cianjur, Jabar.
Loading ...