News

Sandiaga Uno Minta RTP dan Pantai Bebas Parapat Dijaga

Sandiaga Uno Minta RTP dan Pantai Bebas Parapat Dijaga
Sandiaga saat membuka secara resmi Pagelaran Event di Destinasi Pariwisata (Pentas) Danau Toba di Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun, Selasa, 22 Maret 2022, malam. (Foto: Kureta/Fetra Tumanggor)

Parapat - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meminta masyarakat agar ikut menjaga Ruang Terbuka Publik (RTP) dan bangunan Pantai Bebas parapat yang baru diresmikan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu. 

Hal ini disampaikan Sandiaga saat membuka secara resmi Pagelaran Event di Destinasi Pariwisata (Pentas) Danau Toba di Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun, Selasa, 22 Maret 2022, malam. 

“Kita jaga dengan rasa penuh tanggung jawab, karena ini bagian dari tatanan ekonomi baru. Bahwa pemerintah membangun tetapi masyarakat menjaga. Kita akan ciptakan event-event dan nanti akan bergulir juga event inisiatif dari masyarakat dan komunitas,” ujar Sandiaga.

Untuk keindahan di Pantai Bebas, kata Menparekraf, sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. Sebagaimana arahan Presiden RI juga agar lokasi tersebut melahirkan suasana nyaman dan indah. Namun Ia menyarankan agar bagaimana bangunan yang berada di sekitar pantai tersebut seperti ruko di seberang jalan, juga bisa dibuat lebih indah.

“Paling tidak bangunan yang ada ini, juga dalam kondisi baik. Ada beberapa spot yang perlu kita tuntaskan. Nanti akan ditindaklanjuti oleh tim BPODT,” katanya.

Sandiaga Uno Hadiri Kegiatan PROGRESIF BPODT

Selama tahun 2022, Sandiaga Uno telah dua kali mengunjungi Danau Toba. Kunjungan Pertama pada awal Februari lalu saat mendampingi Presiden Jokowi. Kunjungan kedua ini bertujuan menjaga semangat masyarakat di Kawasan Danau Toba dalam menumbuhkan dan mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sandiaga memulai kunjungan dengan meresmikan Gedung Creative Hub serta launching Samosir Fiesta 2022. Sandiaga mengungkapkan untuk meningkatkan perekonomian dan meningkatkan pariwisata Danau Toba lebih maju lagi adalah dengan cara melakukan pelatihan-pelatihan SDM pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kami melakukan kerja sama dengan Poltekpar Medan dan juga Poltekpar lainnya termasuk Poltekpar Bali. Kami juga mengirim putra-putri terbaik untuk meningkatkan kemampuan hospitality-nya," katanya. 

Dia menambahkan dari segi ekonomi, sudah mulai terasa ada kebangkitan di kawasan Danau Toba. "Dari data-data yang kami terima, Danau Toba mulai menggeliat ekonominya," ujar Sandiaga.

"Hasil kunjungan Presiden RI bulan Februari lalu, Presiden langsung memberikan arahan untuk menciptakan event-event dan hari ini seluruh tugas yang disampaikan Presiden sudah mulai bergulir. Kami resmikan gedung Samosir Creative Hub, hari ini kami melakukan event bersama komunitas di Ruang Terbuka dan Pantai Bebas. Ini yang diharapkan bagian dari 3G (Gercep, Geber dan Gaspol) dan membuka lapangan kerja,” kata Sandiaga. 

Di RTP Parapat, Sandiaga yang didampingi oleh Direktur Utama BPODT Jimmy Bernardo Panjaitan dan Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan BPODT Raja Malem Ukur Tarigan, mengunjungi kegiatan Promosi Gerak Bersama Bersama Ekonomi Kreatif yang diinisiasi oleh BPODT serta kemudian dilanjutkan dengan ngobrol bersama pelaku UMKM di Kawasan Danau Toba. 

Jimmy Panjaitan menyampaikan bahwa Promosi Gerak Bersama Bersama Ekonomi Kreatif ini nantinya akan menjadi program unggulan BPODT untuk meningkatkan promosi dan pemasaran produk UMKM di Kawasan Danau Toba.

“Promosi Gerak Bersama Ekonomi Kreatif atau kita singkat PROGRESIF, adalah meneruskan program sejenis yang sebelumnya diselenggarakan oleh Kemenparekraf yaitu Beli Kreatif Danau Toba. Dalam program ini tentunya sebelum kita mempromosikan produk-produk UMKM di Kawasan, kita akan membuat inkubasi UMKM terlebih dahulu demi meningkatkan kualitas produknya dan juga menguatkan kemampuan enterpreneur para pelaku UMKM agar memiliki kompetensi lebih untuk berkompetisi di pasar lokal, nasional, bahkan internasional, tentunya berkolaborasi secara pentahelix dengan pemangku kepentingan terkait,” ujar Jimmy. []


Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 3 October 2022 | 20:18 WIB
Relawan Jokowi sayangkan sikap Partai NasDem yang terlalu cepat mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres 2024.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 18:50 WIB
Film Sri Asih semula diagendakan tayang pada 6 Oktober 2022, diundur menjadi 17 November 2022.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 18:11 WIB
Berikut daftar lengkap harga tiket Woke Up Fest 2022.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 17:59 WIB
OneRepublic dipastikan bakal manggung di Indonesia dalam gelaran festival musik bertajuk Woke Up Fest 2023 alias WUF 2023.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 16:41 WIB
Komisioner KPI Pusat Nuning Rodiyah meminta lembaga penyiaran termasuk TV dan Radio memboikot pelaku KDRT, termasuk Rizky Billar.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 14:46 WIB
Eby Bima mengaku bersyukur mampu lolos ke bakal 24 besar di ajang kompetisi bernyanyi Dangdut Academy 5.
News
Fernandho Pasaribu - 3 October 2022 | 14:38 WIB
Ferdinand Hutahaean berpandangan, Partai NasDem sama sekali tidak menunjukkan empati kepada ratusan korban dan para keluarga korban.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 14:07 WIB
Eva Anindita yang dikenal publik dengan peran protagonis, mengaku menikmati karakter jahat yang kini diperankannya di sinetron Cinta 2 Pilihan.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 13:17 WIB
Gelaran Levi\'s Music Project 2022 bakal diselenggarakan dengan tema INDUSTRY 101.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 12:34 WIB
Stray Kids resmi mengumumkan rencananya untuk menyambangi Indonesia dalam rangkaian tur konser keliling dunia bertajuk Maniac.
Loading ...