News

Soal Kasus Pinjol, PKS: Harus Ada Tindakan Lebih Tegas dan Sinergi

Soal Kasus Pinjol, PKS: Harus Ada Tindakan Lebih Tegas dan Sinergi
Wakil Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR, Anis Byarwati.(Foto:Kureta/Instagram)

Jakarta - Ketua DPP PKS Bidang Ekonomi dan Keuangan, Anis Byarwati menyambut baik instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menindak perusahaan pinjaman online (pinjol) ilegal yang meresahkan masyarakat.

Anis mengapresiasi langkah Presiden Jokowi yang langsung turun menangani masalah pinjol ilegal tersebut.

Minimalnya masyarakat harus jeli melihat mana pinjol yang berizin OJK dan mana yang ilegal. Sehingga Ketika terjadi kasus, pinjol yang bersangkutan bisa segera diberikan sanksi

"Karena kasus-kasus yang muncul akibat pinjol ilegal sudah sangat meresahkan masyarakat," kata Anis di Jakarta, Sabtu, 16 Oktober 2021.

Anggota Komisi XI DPR ini mengaku prihatin atas kasus tersebut. Pasalnya, penagihan yang dilakukan oleh pinjol ilegal cenderung meneror para nasabah dan dilakukan dengan cara-cara tidak manusiawi.

"Tidak sedikit masyarakat yang merasa malu karena kasus tunggakannya disebar kepada teman-temannya yang mengakibatkan gangguan mental bahkan nekat melakukan tindakan bunuh diri. Ini sudah melampaui batas," ujarnya.

Wakil ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR ini menegaskan, lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki kewenangan yang sangat luas untuk mengawasi industri jasa keuangan termasuk pinjol.

Dia menyebut, DPR sudah sering bertanya dan meminta keterangan kepada OJK terkait dengan pinjol. OJK sendiri sudah memiliki Satgas Waspada Investasi (SWI) yang diberi tugas untuk mengawasi pinjol.

"OJK sendiri memiliki kewenangan untuk menutup dan memblokir pinjol ilegal bekerja sama dengan Kominfo. Namun nyatanya tidak mudah, karena menurut OJK ditutup satu tumbuh pinjol lebih dari satu. Ini sebagai dampak dari teknologi digital yang bisa membuat aplikasi kapan saja dan dari mana saja," tuturnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan permasalahan secara makro. Bahwa saat ini masyarakat membutuhkan uang, sementara untuk melakukan peminjaman ke bank syaratnya banyak dan diluar kemampuan masyarakat.

"Banyak masyarakat yang tidak bankable akhirnya memilih pinjol yang lebih mudah. Di sinilah tugas perbankan harus dikembangkan. Bagaimana menjemput bola dengan memberikan akses lebih mudah untuk masyarakat," katanya.

Menyoal mudahnya pinjol mendapatkan data masyarakat, seperti nomor telepon, politisi senior PKS ini mendorong agar Kominfo meningkatkan kerja samanya dengan OJK walaupun selama ini sudah tergabung dalam SWI.

"Harus ada tindakan lebih tegas dan sinergi. Kominfo mendeteksi dan memblokir pinjol ilegal, OJK bekerja sama dengan stakeholder di masyarakat meningkatkan literasi keuangan masyarakat. Minimalnya masyarakat harus jeli melihat mana pinjol yang berizin OJK dan mana yang ilegal. Sehingga Ketika terjadi kasus, pinjol yang bersangkutan bisa segera diberikan sanksi," ucap Anis.[]

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 21:46 WIB
Mantan Kepala Sekolah SMPN 1 Reo dijebloskan ke penjara karena korupsi dana BOS.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 17:29 WIB
Chief Operating Officer (COO) Pahami Cipta Edukasi (Pahamify) Mohammad Ikhsan menyatakan era pendidikan yang dinamis saat pandemi.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 16:04 WIB
Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju kembali memanas seiring mendekati Rabu Pon 8 Desember mendatang ini calon Jaksa Agung pengganti ST Burhanuddin
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 15:50 WIB
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menjelaskan perihal harta kekayaannya melejit Rp 4 miliar, saat jadi pimpinan KPK.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 15:18 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi sentil Kapolda dan Kapolres sowan ke sesepuh ormas yang buat keributan. Berikut berita secepatnya.
Opini
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 15:07 WIB
Memiliki tubuh yang ideal, sehat, dan kuat adalah dambaan setiap orang.
News
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 12:47 WIB
Pemda Manggarai gandeng Kejari Cabang Reo sosialisasi penggunaan dana BOS
News
Fetra Tumanggor - 3 December 2021 | 12:35 WIB
Obat Sotrovimab disebut ampuh melawan virus corona, termasuk varian Omicron. Lalu apa itu sotrovimab?
Loading ...