Alur

Studi AS: Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama Meredakan Kecemasan dan Depresi

Studi AS: Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama Meredakan Kecemasan dan Depresi
Ilustrasi Vaksin. (Foto: Ist)

Jakarta - Pandemi Covid-19 sangat memengaruhi peningkatan stres masyarakat. Namun, sebuah penelitian di Amerika Serikat (AS) baru-baru ini mengungkapkan bahwa melakukan vaksinasi Covid-19 dosis pertama berpotensi bermanfaat bagi kesehatan mental seseorang, seperti meredakan kecemasan, depresi, dan sikap acuh tak acuh. 

Studi terbaru ini dilakukan oleh para peneliti dari University of Southern California dan diterbitkan dalam jurnal PLOS. Isi penelitian tersebut tentang perubahan tekanan mental setelah penyuntikan dosis vaksin pertama. 

Para peneliti menganalisis 8.003 orang dewasa, yang disurvei secara berkala antara 1 Maret 2020 dan 31 Maret 2021.

Baca jugaIndonesia Terima 500.000 Dosis Vaksin Johnson & Johnson dari Belanda

Studi ini menemukan bahwa orang yang divaksinasi antara Desember 2020 dan Maret 2021 dilaporkan terdapat penurunan tingkat mental setelah menerima dosis pertama. 

"Hasil di sini harus ditafsirkan sebagai efek langsung jangka pendek dari mendapatkan dosis vaksin pertama. Kontribusi keseluruhan dari pengambilan vaksin pada peningkatan hasil kesehatan mental berpotensi jauh lebih besar, karena tidak hanya memengaruhi mereka yang divaksinasi tetapi juga yang tidak divaksinasi," kata isi penelitian tersebut dilansir dari Indian Express, Selasa, 14 September 2021. 

VaksinasiIlustrasi vaksinasi Covid-10. (foto: Twitter/@KemensetnegRI).

Studi tersebut menjelaskan bahwa efek yang diidentifikasi dapat muncul dari salah satu atau kombinasi mekanisme. Mereka yang baru saja divaksinasi kemungkinan jadi berkurang rasa khawatirnya akan terinfeksi Covid-19

"Mereka mungkin menjadi lebih aktif secara sosial, atau mereka mungkin mencoba peluang kerja yang berbeda. Penelitian di masa depan harus menyelidiki mekanisme di mana suntikan vaksin mencapai efek seperti itu," ujar isi penelitian Dr. HK Mahajan. 

Baca jugaPercepat Program Vaksinasi, Andika Perkasa: Tak Boleh Ada Vaksin Menganggur

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa pandemi Covid-19 telah memengaruhi beberapa aspek kehidupan masyarakat, termasuk pekerjaan, keuangan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial. 

Semua faktor ini telah berkontribusi terhadap masalah kesehatan mental, tidak hanya pada pasien yang menderita Covid-19 saja, tetapi juga pada orang-orang terdekat dan masyarakat pada umumnya. 

Aspek kesehatan mental dari virus ini termasuk tekanan psikologis, kecemasan, depresi, keterasingan sosial, dan pikiran untuk bunuh diri. 

"Peluncuran vaksinasi massal telah berkontribusi besar dengan meningkatkan kekebalan kelompok, meningkatkan kesadaran, dan mengurangi kecemasan," ujar Dr. Mahajan. 

Lebih lanjut Dr. Mahajan menjelaskan, dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksinasi, maka orang-orang secara bertahap dapat kembali ke gaya hidup sebelum pandemi. Ia melihat hal ini dapat membantu meredakan masalah kesehatan mental seperti kecemasan, depresi, dan sikap acuh tak acuh. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 21:46 WIB
Mantan Kepala Sekolah SMPN 1 Reo dijebloskan ke penjara karena korupsi dana BOS.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 17:29 WIB
Chief Operating Officer (COO) Pahami Cipta Edukasi (Pahamify) Mohammad Ikhsan menyatakan era pendidikan yang dinamis saat pandemi.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 16:04 WIB
Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju kembali memanas seiring mendekati Rabu Pon 8 Desember mendatang ini calon Jaksa Agung pengganti ST Burhanuddin
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 15:50 WIB
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menjelaskan perihal harta kekayaannya melejit Rp 4 miliar, saat jadi pimpinan KPK.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 15:18 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi sentil Kapolda dan Kapolres sowan ke sesepuh ormas yang buat keributan. Berikut berita secepatnya.
Opini
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 15:07 WIB
Memiliki tubuh yang ideal, sehat, dan kuat adalah dambaan setiap orang.
News
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 12:47 WIB
Pemda Manggarai gandeng Kejari Cabang Reo sosialisasi penggunaan dana BOS
News
Fetra Tumanggor - 3 December 2021 | 12:35 WIB
Obat Sotrovimab disebut ampuh melawan virus corona, termasuk varian Omicron. Lalu apa itu sotrovimab?
Loading ...