Alur

Teknologi AI Dapat Mencegah Penipuan di Sistem Perbankan

Teknologi AI Dapat Mencegah Penipuan di Sistem Perbankan
Teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). (Foto:Pixabay)

Jakarta - Pandemi menjadikan layanan digital terus berkembang termasuk di sektor perbankan, apalagi mengingat teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dapat mencegah penipuan dalam sistem perbankan.

Pemanfaatan AI bahkan sebenarnya bisa membantu proses pengajuan layanan perbankan yang lebih kompleks seperti layanan pinjaman

"Sekarang adalah waktu yang tepat untuk menerapkan solusi bisnis yang lebih sederhana dengan bantuan AI. Perbankan digital akan semakin gencar di masa depan karena meningkatnya preferensi publik untuk mengakses layanan perbankan melalui ponsel, serta adanya tuntutan sebuah sistem pembayaran digital yang praktis," kata Country Manager Advance.ai Ronald F.Molenaar, seperti mengutip ANTARA, Jumat, 12 Agustus 2022.

Kendati demikian, Ronald menambahkan bahwa sistem pembayaran ini juga harus dilengkapi dengan langkah-langkah keamanan online yang lebih kokoh, dan hal tersebut dapat terwujud dengan memanfaatkan machine learning untuk menganalisis kelayakan kredit.

Jika berkaca dengan agenda prioritas sektor keuangan di dalam Presidensi G20 Indonesia yaitu meningkatkan inklusi keuangan digital dan keuangan UMKM maka diharapkan pemanfaatan teknologi seperti AI bisa membantu perbankan digital bisa lebih mudah diakses oleh masyarakat Indonesia.

Salah satu pemanfaatan AI di sistem perbankan digital yang mempermudah layanan ialah proses verifikasi digital.

Tidak hanya membantu proses verifikasi, pemanfaatan AI bahkan sebenarnya bisa membantu proses pengajuan layanan perbankan yang lebih kompleks seperti layanan pinjaman.

Dengan memanfaatkan AI secara tepat maka perbankan bisa secara digital mengukur risiko seseorang dan bisa mengategorikan, mencocokkan jenis dan jangka waktu pinjaman dengan lebih efisien.

Advance.ai dapat menjadi salah satu perusahaan pilihan untuk mendukung proses tersebut karena memang mengembangkan solusi platform berbasis AI dengan klaim mampu memverifikasi data secara digital, memitigasi penipuan, hingga melakukan pengenalan dokumen identitas secara efisien dengan bermodalkan gawai pintar pengguna layanan.

Perusahaan asal Singapura itu, bahkan menjadi perusahaan pertama di Asia Tenggara yang telah lulus tes kelayakan Presentation Attack Detection (PAD) iBeta terhadap serangan penipuan (fraudulent attacks) sesuai sertifikasi ISO 30106-3 untuk produk liveness detection.

"Verifikasi identitas secara digital dan teknologi manajemen risiko akan dapat mendukung bank, entitas tekfin, dan perusahaan multi-finance untuk bisa secara digital menerima nasabah dan pelaku UMKM baru, serta menilai risiko dan kelayakan kredit dari segmen-segmen tersebut, yang banyak di antaranya tidak mempunyai profil kredit lengkap," ucap Ronald.[]

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 3 October 2022 | 20:18 WIB
Relawan Jokowi sayangkan sikap Partai NasDem yang terlalu cepat mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres 2024.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 18:50 WIB
Film Sri Asih semula diagendakan tayang pada 6 Oktober 2022, diundur menjadi 17 November 2022.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 18:11 WIB
Berikut daftar lengkap harga tiket Woke Up Fest 2022.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 17:59 WIB
OneRepublic dipastikan bakal manggung di Indonesia dalam gelaran festival musik bertajuk Woke Up Fest 2023 alias WUF 2023.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 16:41 WIB
Komisioner KPI Pusat Nuning Rodiyah meminta lembaga penyiaran termasuk TV dan Radio memboikot pelaku KDRT, termasuk Rizky Billar.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 14:46 WIB
Eby Bima mengaku bersyukur mampu lolos ke bakal 24 besar di ajang kompetisi bernyanyi Dangdut Academy 5.
News
Fernandho Pasaribu - 3 October 2022 | 14:38 WIB
Ferdinand Hutahaean berpandangan, Partai NasDem sama sekali tidak menunjukkan empati kepada ratusan korban dan para keluarga korban.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 14:07 WIB
Eva Anindita yang dikenal publik dengan peran protagonis, mengaku menikmati karakter jahat yang kini diperankannya di sinetron Cinta 2 Pilihan.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 13:17 WIB
Gelaran Levi\'s Music Project 2022 bakal diselenggarakan dengan tema INDUSTRY 101.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 12:34 WIB
Stray Kids resmi mengumumkan rencananya untuk menyambangi Indonesia dalam rangkaian tur konser keliling dunia bertajuk Maniac.
Loading ...