News

Tersertifikasi Halal, Tape Ketan Asal Kuningan Mulai Dipasarkan

Tersertifikasi Halal, Tape Ketan Asal Kuningan Mulai Dipasarkan
Proses pembuatan tape ketan bersertifikat halal yang mulai dipasarkan lintas daerah. (Foto: Kureta/Charles).

Kuningan - Pengusaha tape ketan asal Kuningan, Jawa Barat Carsim Cayadi mengaku beruntung menjadi salah satu peserta fasilitasi sertifikasi halal gratis (Sehati) dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). 

Berkat program Sehati, usaha tape ketan yang ia rintis di Kecamatan Cibereum, Kuningan, Jawa Barat selama puluhan tahun ini dapat mengembangkan pasar lintas daerah.

"Alhamdulillah melalui program gratis dari pemerintah, produk saya sudah (mendapatkan sertifikat) halal. Dan saat ini  telah dipasarkan di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jakarta,” ungkap Carsim, di Kuningan, Jumat 23 September 2022.

Carsim menuturkan, fasilitasi sertifikasi halal gratis ini amat membantu usahanya yang sempat terdampak pandemic Covid-19.

"Tidak menyangka kemarin itu dapat mengurus (sertifikat) halal. Karena usaha saja sempat sepi karena pandemi. Alhamdulillah, ada bantuan pemerintah ini," imbuh Carsim.

Sekretaris BPJPH Arfi Hatim mengimbau agar pelaku usaha dapat memanfaatkan peluang ini.

Carsim memahami bahwa sertifikasi halal sangat penting dilaksanakan.

 Selain sebagai kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan tentang Jaminan Produk Halal (JPH) yang berlaku, sertifikasi halal juga merupakan bentuk tanggung jawab pelaku usaha dalam memproduksi produk yang terjamin kehalalannya bagi masyarakat.

“Apalagi produk saya banyak dikonsumsi masyarakat muslim. Ini agar mereka lebih nyaman mengonsumsi tape ketannya,” papar Carsim. 

Sekretaris BPJPH Arfi Hatim mengapresiasi pernyataan Carsim tersebut.

"Kesadaran akan pentingnya  sertifikasi halal seperti yang diungkapkan para pelaku UMK tersebut patut dicontoh dan diikuti oleh para pelaku usaha yang lainnya di seluruh Indonesia,” ujar Arfi. 

“Kami juga bersyukur karena ini membuktikan bahwa program yang dilaksanakan BPJPH dirasakan manfaatnya secara luas oleh masyarakat," sambungnya. 

Saat ini, BPJPH masih membuka peluang bagi pelaku usaha untuk memperoleh sertifikasi halal gratis. Mulai 24 Agustus 2022, BPJPH telah membuka program Sehati Tahap 2 tahun 2022, bagi 324.834 kuota. Pendaftaran pengajuan Sehati Tahap 2 ini dibuka sampai 19 Oktober 2022. 

Sekretaris BPJPH Arfi Hatim mengimbau agar pelaku usaha dapat memanfaatkan peluang ini. 

“Segera daftar sertifikat halal produk anda melalui ptsp.halal.go.id atau sehati.halal.go.id. Manfaatkan kesempatan ini untuk membuka peluang produk anda naik kelas dan meraih pasar yang lebih luas,” tutur Arfi. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 3 October 2022 | 20:18 WIB
Relawan Jokowi sayangkan sikap Partai NasDem yang terlalu cepat mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres 2024.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 18:50 WIB
Film Sri Asih semula diagendakan tayang pada 6 Oktober 2022, diundur menjadi 17 November 2022.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 18:11 WIB
Berikut daftar lengkap harga tiket Woke Up Fest 2022.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 17:59 WIB
OneRepublic dipastikan bakal manggung di Indonesia dalam gelaran festival musik bertajuk Woke Up Fest 2023 alias WUF 2023.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 16:41 WIB
Komisioner KPI Pusat Nuning Rodiyah meminta lembaga penyiaran termasuk TV dan Radio memboikot pelaku KDRT, termasuk Rizky Billar.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 14:46 WIB
Eby Bima mengaku bersyukur mampu lolos ke bakal 24 besar di ajang kompetisi bernyanyi Dangdut Academy 5.
News
Fernandho Pasaribu - 3 October 2022 | 14:38 WIB
Ferdinand Hutahaean berpandangan, Partai NasDem sama sekali tidak menunjukkan empati kepada ratusan korban dan para keluarga korban.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 14:07 WIB
Eva Anindita yang dikenal publik dengan peran protagonis, mengaku menikmati karakter jahat yang kini diperankannya di sinetron Cinta 2 Pilihan.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 13:17 WIB
Gelaran Levi\'s Music Project 2022 bakal diselenggarakan dengan tema INDUSTRY 101.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 12:34 WIB
Stray Kids resmi mengumumkan rencananya untuk menyambangi Indonesia dalam rangkaian tur konser keliling dunia bertajuk Maniac.
Loading ...