Alur

Tips Ampuh Mengatasi Kulit Wajah Kusam Berjerawat

Tips Ampuh Mengatasi Kulit Wajah Kusam Berjerawat
Tips mengatasi kulit wajah kusam berjerawat. (foto: cfnstore).

Jakarta - Kulit bersih dan sehat tentu menjadi dambaan setiap orang, apalagi kulit yang sehat juga dapat merepresentasikan kesehatan tubuh kita, dan memiliki peran penting dalam menciptakan kesan pertama terhadap orang lain. 

Namun, seringkali kita dihadapkan dengan berbagai masalah kulit yang sulit diatasi, salah satunya yang paling umum terjadi, yakni timbulnya jerawat pada kulit berminyak. 

Faktor penyebab jerawat dapat disebabkan oleh beberapa hal, yakni infeksi bakteri Propionibacterium acnes, faktor genetik, lingkungan, hormonal dan gaya hidup tak sehat seperti merokok, mengonsumsi minuman keras, stres, kurang tidur, asupan makanan yang kurang sehat, dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui faktor penyebab timbulnya jerawat, berikut ini ada ragam cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat dan kulit wajah kusam, dikutip dari keterangan NourishSkin, Minggu, 20 November 2022. 

1. Rutin membersihkan wajah 

Langkah pertama untuk mencegah timbulnya jerawat, khususnya pada kulit wajah yang cenderung berminyak adalah dengan mencuci wajah secara rutin maksimal dua kali sehari menggunakan sabun khusus wajah. 

Hal ini akan membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah sekaligus membantu membersihkan pori-pori dari resiko tersumbat akibat pemakaian kosmetik dan kotoran debu yang hinggap saat beraktivitas. 

2. Menggunakan obat jerawat 

Untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat, perlu juga kiranya untuk mengaplikasikan obat jerawat dalam bentuk krim, salep ataupun gel yang mengandung, asam salisilat, asam alfa hidroksi, dan sulfur. 

Namun, jika penggunaan obat jerawat tersebut tidak membuahkan hasil maksimal, disarankan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter

3. Menerapkan gaya hidup sehat 

Banyak di antara kita yang belum menyadari pentingnya menerapkan gaya hidup sehat untuk memeroleh kulit yang sehat. Para ahli setuju bahwa untuk mendapatkan kulit yang sehat, perlu untuk memerhatikan makanan yang dikonsumsi. 

Selain itu, gaya hidup sehat perlu didukung dengan rutin berolahraga, tak mengonsumsi minuman keras dan tidak merokok. 

4. Mengkonsumsi suplemen atau vitamin 

Selain melakukan rangkaian perawatan kulit dari luar, penting juga kiranya untuk melakukan perawatan kulit dari dalam tubuh dengan mengkonsumsi suplemen. Salah satu suplemen khusus untuk kulit dan solusi perawatan dari dalam untuk kulit berminyak dan berjerawat yakni NourishSkin. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Tigor - 28 November 2022 | 22:41 WIB
Ghana mampu membendung serangan Republik Korea untuk tidak jebol di menit akhir babak kedua.
News
Eno Dimedjo - 28 November 2022 | 21:32 WIB
Platform Melon Indonesia resmi mengumumkan rebranding menjadi Nuon Digital Indonesia.
News
Tigor - 28 November 2022 | 20:49 WIB
Bobby mengatakan, kebijakan ini mulai berlaku sejak 1 Desember 2022.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 20:42 WIB
Anggota Komisi I DPR Dave Akbarshah Fikarno Laksono mengatakan Komisi I DPR menggelar fit and proper test KSAL Yudo Margono calon Panglima TNI.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 20:32 WIB
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan para menteri pembantu Jokowi akan keroyokan menindaklanjuti hasil kesepakatan KTT G30 di Bali.
News
Tigor - 28 November 2022 | 20:24 WIB
Serbia dan Kamerun terlibat duel seru.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 20:03 WIB
usat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau warga mewaspadai dampak aktivitas vulkanik Gunung Semeru erupsi dua kali.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 19:33 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk membentuk gugus tugas (task force) khusus guna menindaklanjuti KTT G20 di Bali.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 19:17 WIB
Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej mengatakan RKUHP akan hapus pasal karet UU ITE.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 19:09 WIB
Bupati Cianjur Herman Suherman menginformasikan, hingga Senin ini tercatat ada 323 orang meninggal dunia pascagempa bumi 5.3 M di Cianjur, Jabar.
Loading ...