Alur

Tujuh Etika Saat Jalan-jalan ke Tempat Baru

Tujuh Etika Saat Jalan-jalan ke Tempat Baru
Ilustrasi memotret saat berwisata. (ANTARA/HO)

Jakarta - Mengunjungi tempat yang baru adalah hal yang menyenangkan. Salah satunya karena bisa mendapatkan pengalaman baru yang berharga. Setiap tempat tentu memiliki kebiasaan atau kode etik yang berbeda dari tempat asal kita. Ketika melancong ke tempat yang baru dikunjungi, memahami kebiasaan sekitar merupakan hal yang baik.

Platform perjalanan online Pegipegi memberikan tujuh etika yang perlu dipahami ketika berkunjung ke tempat baru, dikutip Rabu, 20 Juli 2022.

1. Anda adalah tamu

Saat berwisata ke tempat tamu, sadari bahwa kita adalah tamu dan tidak tinggal di tempat ini. Sebagai tamu, tentu perlu menghormati tuan rumah. Ketika sedang berjalan-jalan, hormati segala sesuatu yang ada di daerah tersebut dan penting bersikap sopan kepada semua orang.

2. Patuhi aturan setempat

Jika mendapati daerah tersebut memiliki aturan soal apa yang boleh dan tidak boleh, sebaiknya patuhi aturan tersebut. Pahamilah bahwa setiap daerah memiliki adat istiadat yang mungkin berbeda dari tempat kita berasal. Misalnya, ketika berada di Bali, ada aturan tidak boleh menginjak sesajen. Patuhi aturan tersebut sebagai bentuk menghormati tradisi setempat.

3. Pakaian yang sesuai

Setiap negara bisa saja memiliki aturan berpakaian tertentu, misalnya dilarang menggunakan sandal jepit atau piyama di tempat umum. Seberapa pun berbeda dengan kebiasaan di tempat tinggal, patuhi aturan berpakaian tersebut sebagai tanda menghormati budaya setempat. Selain itu, agar acara jalan-jalan juga aman karena tidak melanggar aturan.

4. Perhatikan cara berbicara

Daerah atau negara tertentu mungkin memiliki sejarah atau konflik politik yang rumit. Jangan mengesampingkan kenyataan bahwa penduduk setempat mungkin sensitif terhadap topik pembicaraan tertentu.

5. Bijak saat berfoto

Liburan tentu tidak lengkap tanpa berfoto, ini adalah aktivitas wajib ke mana pun kita bepergian. Objek wisata tertentu, misalnya museum, mungkin menetapkan aturan soal berfoto, bahkan ada yang melarang.

Jika bertemu penduduk setempat dan ingin berswafoto atau memotret mereka, tanya terlebih dulu apakah mereka mau difoto. Beri tahu juga jika Anda ingin mengunggah foto itu ke media sosial. Hal ini terkesan sepele, namun, sebenarnya bentuk menghargai privasi orang lain.

6. Menjaga lingkungan

Hal yang penting dilakukan saat berjalan-jalan ada menjaga kebersihan lingkungan setempat. Sebagai wisatawan, Anda memiliki tanggung jawab untuk merawat tempat yang dikunjnugi. Jika kebersihannya terjaga, Anda juga membantu tempat itu bisa terus dikunjungi.

7. Bijak menawar barang

Kegiatan tawar-menawar lumrah terjadi, misalnya saat kita membeli oleh-oleh. Jika tawar-menawar dilakukan dengan tidak hormat atau sopan, penjual bisa saja merasa malu.

Jika berbelanja di toko tradisional dan harganya masih wajar, sebaiknya tidak perlu menawar harga. Di beberapa tempat, penghasilan warga bergantung pada sektor pariwisata. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Tigor - 27 November 2022 | 23:02 WIB
Peluang Maroko lolos ke babak 16 besar Piala Dunia Qatar 2022 terbuka lebar.
News
Tigor - 27 November 2022 | 22:41 WIB
DPR RI dan Pemerintah disebut akan mengesahkan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP).
News
Tigor - 27 November 2022 | 17:34 WIB
Presiden Jokowi melontarkan ciri pemimpin yang harus dicari relawan dan pendukungnya dalam Pilpres 2024 mendatang.
News
Tigor - 27 November 2022 | 17:10 WIB
Sheila Majid bersama gitaris Tohpati dan band, berhasil memukau penonton hari pertama Soundrenaline 2022.
News
Eno Dimedjo - 27 November 2022 | 14:10 WIB
Klub motor hura-hura The Prediksi berubah menjadi boyband saat tampil di gelaran hari pertama Soundrenaline 2022.
News
Tigor - 27 November 2022 | 13:53 WIB
Memasuki hari ke-8 Piala Dunia 2022 di Qatar, sejumlah pertandingan sudah menyelesaikan matchday ke dua.
News
Eno Dimedjo - 27 November 2022 | 13:02 WIB
Grup band Weezer menjadi penampil pamungkas dalam gelaran hari pertama Soundrenaline 2022 pada Sabtu, 26 November 2022.
News
Eno Dimedjo - 27 November 2022 | 12:31 WIB
Unit surf-rock The Cat Police kembali merilis single terbaru bertajuk Common Things lewat format digital.
News
Eno Dimedjo - 27 November 2022 | 12:05 WIB
Penyanyi Dewi Dee Lestari merangkum kesedihan mendalam atas rasa kehilangan lewat single terbarunya yang diberi judul Berduka.
News
Eno Dimedjo - 27 November 2022 | 11:12 WIB
Batavia Music Company menggelar ajang pencarian bakat bertajuk Koplo International Sound Sensation alias Kiss Koplo.
Loading ...