Opini

Ulang Tahun Erick Thohir dan Kilas Balik Alasan Jokowi Memilihnya

Ulang Tahun Erick Thohir dan Kilas Balik Alasan Jokowi Memilihnya
Erick Thohir (Foto: voi.id)

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berulang tahun ke-52 pada tanggal 30 Mei 2022 kemarin. Di media sosial, Erick banjir ucapan dan doa, baik untuk pribadi maupun tugasnya sebagai menteri.

Tapi yang jelas dalam setiap hal beliau pimpin itu selalu mendapatkan kesuksesan

Ucapan selamat, datang dari kalangan selebriti, atlet, perusahaan BUMN, dan masyarakat biasa. Salah satunya dari pebasket nasional Derrick Michael Xzaverrio yang baru saja mendapat medali emas SEA Games 2021 di Vietnam beberapa waktu lalu. Derrick mendoakan agar orang nomor satu di Kementerian BUMN itu dapat membangun Indonesia lebih baik.

Tak banyak figur atau bahkan menteri yang setiap tahun banjir ucapan selamat saat berulang tahun, Erick salah satunya.

Erick, sejak lama memang sudah jadi sorotan media, jauh sebelum dirinya menjadi Menteri BUMN. Dia dikenal sebagai seorang pengusaha sukses melalui grup Mahaka.

Namanya jadi fenomena sejak berkecimpung di dunia olah raga, terutama setelah membeli klub basket NBA Philadephia 76'ers dan klub sepak bola raksasa dari Italia, Inter Milan.

Erick juga tercatat pernah menjadi ketua umum Perbasi (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia), anggota Central Board Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), dan anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC). 

Erick Thohir dan JokowiErick Thohir dan Jokowi (Foto: Fotografer Kepresidenan)

Nama Erick Thohir semakin melambung saat dia ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo menjadi Ketua Panitia Asian Games 2018 di Indonesia yang berlangsung sukses. Setelah itu dia menjadi Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin yang membawanya menjadi Menteri BUMN saat ini.

Sedikit kilas balik, dalam jumpa pers di posko kubu Jokowi-Ma'ruf di Jalan Cemara (Posko Cemara), Menteng, Jakarta, Jumat, 7 September 2018, Jokowi menjelaskan latar belakang Erick Thohir dipilih jadi ketua tim pemenangan.

"Beliau adalah pengusaha sukses, memiliki media, memiliki klub sepak bola, memiliki klub basket, dan memiliki yang lain-lainnya," ujar Jokowi. 

Jokowi menilai, Erick selalu sukses dalam bekerja, terakhir dalam penyelenggaraan Asian Games 2018. "Setiap hal yang beliau pimpin itu selalu mendapatkan kesuksesan. Terakhir kita masih ingat beliau ketua Inasgoc di Asian Games 2018," kata Jokowi. 

"Tapi yang jelas dalam setiap hal beliau pimpin itu selalu mendapatkan kesuksesan," ucap Jokowi. 

Kesuksesan dalam memimpin itu yang kemudian diharapkan Jokowi berbuah di tim pemenangannya yang kemudian terbukti Jokowi-Ma'ruf Amin terpilih dalam Pilpres 2019.

Usai mendapat amanah menjadi Menteri BUMN, Erick langsung melakukan sejumlah gebrakan konkret, melakukan transformasi, serta menindak tegas oknum BUMN yang berbuat nakal.

Erick Thohir dan Maruf AminErick Thohir dan Maruf Amin (Foto: Istimewa)

Kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan Erick terbukti sukses terlihat dari laba BUMN yang terus mengalami peningkatan.

Tercatat meski di tengah amukan pandemi Covid-19, pada tahun 2020, BUMN mendapat laba bersih sebesar Rp 13 triliun, berkat transformasi dan transparansi, laba bersih pada tahun 2021 meningkat signifikan menjadi Rp 90 triliun atau melesat lebih dari 500 persen. []


Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 20:12 WIB
Deklarator Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR), Sahat Martin Philip Sinurat menegaskan bahwa sesungguhnya koalisi Jokowi adalah rakyat Indonesia.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:45 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, Muhammad Qodari menyinggung usulan elite politik terkait wacana penundaan Pemilu 2024.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:02 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, M Qodari menegaskan bahwa gerakan mendukung Presiden Joko Widodo menjabat tiga periode tak mati.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 13:07 WIB
Kontingen cabang olahraga pencak silat Kabupaten Abdya Provinsi Aceh berhasil meraih satu mendali Perak dan dua perunggu.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:58 WIB
Kades Mataie, Kecamatan Blangpidie Kabupaten Abdya Provinsi Aceh, Junaidi Idrus mengajak seluruh warganya untuk terus menerapkan pola hidup sehat.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:23 WIB
Kebakaran yang terjadi di ruangan Kabag Ops Polresta Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), diduga akibat arus pendek listrik.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:08 WIB
Ruangan Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Kepolisian Resort Kota (Polresta) Mamuju, Sulawesi Barat, terbakar.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:56 WIB
Yaqut Cholil Qoumas mengaku bakal memanggil GP Ansor Pengurus Wilayah (PW) DKI Jakarta.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:41 WIB
Nayeon Twice resmi meluncurkan mini album debut solonya yang bertajuk Im Nayeon, pada Jumat, 24 Juni 2022.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 10:45 WIB
DKI Jakarta menyediakan 100 unit bus gratis untuk mengantarkan masyarakat menuju lokasi perayaan malam puncak Jakarta Hajatan ke-495.
Loading ...