Netizen

Warganet Protes Aplikasi PeduliLindungi Eror Tidak Bisa Diakses

Warganet Protes Aplikasi PeduliLindungi Eror Tidak Bisa Diakses
Logo situs dan aplikasi Peduli Lindungi. (Foto: Kureta/Istimewa)

Jakarta - Sejumlah warganet mengeluarkan protes kerasnya di media sosial Twitter, lantaran aplikasi PeduliLindungi versi mobile tidak bisa diakses pada Minggu sore, 19 September 2021. 

Banyak dari warganet mengeluhkan, aplikasi PeduliLindungi yang sudah terinstal di ponsel mereka, tiba-tiba saja keluar (log out) secara otomatis. Sementara jika melakukan log in ulang justru tertulis belum terdaftar atau user not found.

"Lagi mau masuk Senayan City, pas scan pedulilindungi tiba-tiba ke logout. Pas login ulang ga bisa dan pesannya user not found. Ada-ada aja, padahal sebelumnya abis dari Gandaria City aman-aman saja," kicau @altaviaralam, dilihat Kureta, Minggu, 19 September 2021.

Baca juga: Data Presiden Jokowi di Peduli Lindungi Diduga Bocor, DPR: Cari Jejak Digitalnya

"Ini mau masuk app pedulilindungi kaga bisa-bisa," tulis @TyrexMark.

"@PLindungi min kenapa aplikasi pedulilindungi tiba-tiba ke log out dan ga bisa log in lagi," tulis netizen.

Sementara ada juga warganet yang mengaku hendak melakukan penerbangan, akan tetapi tak bisa masuk ke aplikasi yang diwajibkan oleh pemerintah itu.

Baca juga: Cara Mengatasi Tidak Bisa Scan Barcode di Aplikasi PeduliLindungi

"Min @PLindungi saya kesulitan login, kode OTP enggak kekirim, saya ada penerbangan besok pagi, mohon bantuannya," kicau @Agarsvpaya.

Selain itu, ada warganet juga yang mengharapkan kejadian eror PeduliLindungi jangan sampai berekses terhadap kebocoran data.

"Sebagian pengguna aplikasi PeduliLindungi mengalami masalah, termasuk saya. Semoga masalahnya gak serius dan tidak menyangkut urusan data pribadi (lagi)," kata @iqbalbasyari. 

Hingga saat ini, tidak jelas penyebab dan berapa banyak pengguna PeduliLindungi yang terdampak. Ketika Kureta mengonfirmasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), juru bicara kementerian hanya menyebut bahwa mereka sedang mengecek keluhan warganet.

Aplikasi PeduliLindungi adalah aplikasi yang dirancang Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Kementerian BUMN untuk digunakan Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas dalam mengatasi pandemi COVID-19 di Indonesia. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 4 July 2022 | 19:24 WIB
Wakil Ketua Komisi VI Mohamad Hekal menegaskan, Komisi VI DPR RI menyetujui usulan Penyertaan Modal Negara (PMN) Tunai tahun 2023 kepada 10 BUMN.
News
Fernandho Pasaribu - 4 July 2022 | 19:18 WIB
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan merespons adanya sebanyak 46 warga negara Indonesia dideportasi atau dipulangkan dari Arab Saudi.
News
Eno Dimedjo - 4 July 2022 | 19:12 WIB
Nayeon Twice sukses mengukir namanya sebagai solois K-Pop pertama dalam sejarah yang berhasil menduduki 10 besar Billboard 200.
News
Eno Dimedjo - 4 July 2022 | 18:45 WIB
Film Minions: The Rise of Gru meraup penjualan tiket hingga senilai Rp 1,6 triliun di pasar Amerika Serikat.
News
Fernandho Pasaribu - 4 July 2022 | 18:44 WIB
Proyek infrastruktur pariwisata di Taman Nasional Komodo (TNK) dalam penataan dan pembangunan yang cukup masif.
News
Morteza Syariati Albanna - 4 July 2022 | 18:24 WIB
Kuota kunjungan Tugu Monas hanya 200 orang per jam atau sekitar 1.400 orang per hari untuk menghindari terjadinya kerumunan.
News
Eno Dimedjo - 4 July 2022 | 18:09 WIB
Penyanyi Danilla Riyadi membuka kemungkinan untuk memboyong konsep keriaan Malam Seblay di gelaran Pestapora Festival 2022.
News
Morteza Syariati Albanna - 4 July 2022 | 18:02 WIB
Wakil Presiden Ma`ruf Amin akan berangkat ke Tanah Suci Makkah, Arab Saudi, untuk menunaikan ibadah haji pada Selasa, 5 Juli 2022.
News
Morteza Syariati Albanna - 4 July 2022 | 17:50 WIB
Pelaksana tugas (Plt) Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri meyakini Dewan Pengawas transpararan sampaikan kasus Lili Pintauli.
News
Fernandho Pasaribu - 4 July 2022 | 17:38 WIB
Anggota Komisi III DPR RI, Supriansa menegaskan Undang-Undang (UU) Tentang Hukum Acara Perdata mendesak untuk segera direvisi.
Loading ...